Selasa, 17 Februari 2015

LATAM TEATER Pro-Test (Latian Alam) IAIN Tulungagung 2015

Hampir 4 tahun aku di kampus IAIN TULUNGAGUNG, pun demikian hampir 4 tahun pula aku berproses di TEATER PRO-Test. Selama berproses sudah cukup banyak yang bisa aku timba, telah banyak kenangan yang mengikat, baik senang sampai galau di setiap eventnya. Sampai hampir 4 tahun ternyata LATAM tahun ini merupakan LATAMku yang utuh, sehingga akupun resmi telah menjadi anggota. Selamat !

Kemarin tanggal 6-12 Februari 2015. Teater PRO-Test punya hajat besar yaitu LATAM 2015. Latam merupakan suatu proses dimana kita belajar menyatukan energi dengan alam, berbaur, berinteraksi dan beraktifitas. Selain itu terdapat rangkaian kegiatan-kegiatan dasar dalam berteater, seperti latian pernafasan, latian vokal, latian gerak, latian ekspresi, respon angin, respon air, respon pasir, respon lumpur dan masih banyak lagi lalu ada satu latian baru yang pada LATAM LATAM sebelumnya tidak ada yaitu latian gerak dasar tari dan latian Reog kendang Tulungagung. MENAKJUBKAN !

Latian pernafasan: latian ini terbagi dalam dua model, 1. Penafasan dada. 2. Pernafasan perut. Dalam berteater pernafasan merupakan modal pokok, terlebih untuk seorang aktor. Jika seorang aktor tidak menguasai hal ini tentu akan berpengaruh buruk saat pementasan nantinya.

Latian vokal: Dasar dalam latian ini dengan melafalkan dengan jelas dan tegas huruf vokal "a", "i", "u", "e", "o". Fungsi dari latian ini bertujuan agar saat pementasan tidak terjadi kesalahan pelafalan dalam pengucapan di naskah, dan mempertegas artikulasi antar kata dalam suatu teks naskah.

Latian gerak: Latam 2015 memuat beberapa dasar gerakan dalam berteater diantaranya: gerak intensitas, gerak respon, gerak imaji dan gerak-gerak yang lain, latian gerak ini akan lebih di asah lagi di kampus setelah pasca Latam.

Latian ekspresi: belajar membuat berbagai mimik wajah untuk memunculkan karakter-karakter tertentu. Latian ini mengasah potensi yang ada pada diri setiap peserda dalam mengimajinasikan karakter-karakter.

Nah, itu tadi hanya cuplikan LATAM 2015 yang tentunya lebih terasa dan dahsyat apabila jika merasakan sendiri hal-hal tersebut. Dalam berproses teater PRO-Test akan lebih afdol dan legowo jika tahan proses LATAM ini di ikuti dengan kerelaan dan keikhlasan sehingga akan membentuk suatu menta dan karakter yang bejiwa juang tinggi. semangat berproses.

AKU CINTA KAMU 


Tulungrejo, 14 Februari 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar