Selasa, 29 April 2014

RUPA-RUPA: Tanya Gaji di Awal Seleksi Pekerjaan, Etiskah?

Etiskah menanyakan gaji saat awal seleksi pekerjaan? Gaji merupakan hal yang penting dalam bekerja dan jadi pertimbangan penting, memang ada yang bekerja berdasarkan passion yang membuatnya nyaman bekerja dan meningkatkan kemampuan diri. Namun gaji yang kecil kadang menjadi hal pertimbangan untuk bisa berpindah pekerjaan yang menawarkan gaji yang lebih tinggi.
1385772625535232415
Ilustrasi

Pertanyaan tentang mengetahui gaji yang akan diterima jika telah diterima jadi pekerja di suatu perusahaan pernah saya tanyakan pada seorang yang menjadi pembicara tentang cara melemar pekerjaan. Beliau memang membahas banyak hal dari urusancurriculum vitae hingga berkas lainnya yang perlu dilampirkan dalam melamar kerja, pertanyaan penting saya saat itu tentang menanyakan gaji di awal proses seleksi.
Menurut beliau menanyakan gaji di awal tahapan seleksi adalah kurang etis. Pendapat ini mungkin ada benarnya jika tim seleksi ditanyakan gaji dahulu sebelum tahapan proses seleksi. Pelamar kerja yang menanyakan itu mungkin dianggap kurang baik hingga terlalu memilih pekerjaan, meski di lain hal gaji adalah hal yang jadi pertimbangan sebagian pekerja bertahan dalam pekerjaannya.
Tak semua perusahaan mau membuka diri gaji yang ditawarkan untuk posisi yang dibuka lowongan pekerjaan, karena kadang tim penyeleksi pelamar pekerjaan pun tak mengetahuinya. Gaji memang ada yang telah ditentukan perusahaan yang kemudian berhubungan dengan grade pekerja, serta ada pula yang ditentukan karena hal lainnya seperti tawar-menawar antara pekerja dan perusahaan.
Cara umum mengetahui tawaran gaji biasanya calon pekerja punya kenalan di perusahaan tersebut yang member tahu tawaran gaji dan berbagai hal lai tentang perusahaan. Namun bila belum punya kenalan bagaimana? Cara lain yang juga umum adalah menanyakan pada mereka yang terlihat bisa dan cocok ditanyakan karena telah bekerja di perusahaan tersebut.
Hampir tiap semua perusahaan punya grade pekerja untuk menentukan kualitas gajinya. Grade pekerja inilah yang kadang dikejar sebagai jenjang karir seperti tingkatan golongan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dari grade ini akan diketehui berapa gaji pekerja tersebut, maka inilah salah satu cara mengetahui berapa pelamar kerja yang diterima bekerja akan dibayar. Jika seorang pelamar kerja langsung bisa masuk ke grade yang menengah atau tinggi, maka gaji-nya tentu berbeda dengan yang rendah. Grade menengah atau tinggi kadang diberikan untuk pekerja yang melalui proses Development Program.
Saat ini cukup banyak perusahaan yang membuka  lowongan pekerjaan denganDevelopment Program. Memang mungkin butuh biaya lain untuk pengembangan sang pekerja, namun dengan adanya tambahan keilmuan dan pengalaman padaDevelopment Program bisa jadi sang pekerja ini akan lebih baik kualifikasinya hingga kenyamanannya dalam bekerja mengembangkan perusahaan.
Di lain hal, biasanya mengetahui gaji yang akan diterima jika sudah diterima jadi pekerja itu banyak dibuka di grup atau forum dengan berbagai cerita dari mereka yang telah diterima sebelumnya dengan jalur yang hampir sama. Soal hingga apa yang akan dilakukan saat proses seleksi hingga Development Program akan dibahas dan jadi gambaran bagi yang akan mengikuti atau sedang dalam prosesnya, termasuk rentangan gaji yang ditawarkan.
Cara mengetahui rentangan gaji yang lain adalah dengan mengerti kualitas perusahaan, kualifikasi pekerjaan dan lain sebagainya yang bisa menggambarkan berapa gaji yang pantas akan diterima. Tentu bagi kualifikasi seleksi yang tinggi akan berbeda dengan yang rendah pun demikian yang kualifikasi pekerjaannya yang membedakan dalam gaji.
Memang tawaran gaji sebagian perusahaan ditawarkan saat proses seleksi kerja tahap akhir, biasanya setelah medical check up. Namun mengetahui gaji dari awal tentu adalah hal yang wajar agar daya upaya hingga waktu yang kita keluarkan untuk proses seleksi agar diterima menjadi lebih efektif dan tepat bila diterima menjadi pekerja. Mungkin ada yang menganggap kurang etis menanyakan gaji di depan, namun bila anda punya kemampuan yang ditunjang dengan pengalaman maka menanyakan hal itu jadi hal yang wajar. [SH]

SUMBER: http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2013/11/30/tanya-gaji-di-awal-seleksi-pekerjaan-etiskah-614417.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar